Sedikit Tentang 'Oasis In The Desert'

Selamat Datang di blog saya. Blog ini sengaja saya beri nama 'Oasis In The Desert' karena sesuai dengan harapan saya semoga blog ini menjadi bermanfaat bagi orang lain seperti manfaat segarnya oasis di tengah gurun. Proses terjadinya oasis berasal dari sesuatu yang kecil hingga menjadi besar dan menyegarkan. Begitu pula dengan blog ini, dengan sedikit sekali ilmu yang saya miliki, saya mencoba membuat dengan sesuatu yang besar tentunya dengan sharing dengan pembaca.
Selamat nge-blog...

Sabtu, 21 November 2009

Apa Penyebab Oasis di Tengah Gurun Pasir?

Oasis adalah tempat yang subur di antara tandusnya gurun pasir. Hadirnya mata air dan beberapa tumbuhan mengakibatkan oasis sering dijadikan daerah pemukiman bagi warga yang tinggal di daerah gurun seperti di Sahara.


Oasis di Gurun Sahara

Oasis terjadi ketika adanya erosi yang menyebabkan terbentuknya margin zona depresi yang membentuk cekungan yang mencapai water table sehingga membentuk suatu mata air. Water table adalah zona aliran air di bawah permukaan yang mengalir pada pori-pori batuan dan berada di atas lapisan impermeable (bed rock). Walaupun di daerah gurun pasir, hujan mungkin saja terbentuk walau curah hujannya sangat sedikit, menyebabkan adanya suplai air pada water table sehingga memungkinkan terbentuknya aquifer. Ditambah lagi sifat dari pasir yang memiliki porositas yang tinggi.
Daerah gurun terbentuk dari berjuta ton pasir yang terangkut oleh tenaga yang sangat besar yaitu angin. Untuk badai pasir yang sedang, 10 kubik feet udara mampu membawa 100 gram pasir. Satu mil kubik (1.6 km kubik) udara mampu membawa  4600 ton pasir. Sementara untuk badai yang besar akan membawa 100 juta ton pasir dan debu. Sangat mengegumkan. Sebagian besar oasis terbentuk akibat potensi tenaga angin yang besar yang menyebabkan terjadinya badai. Contohnya adalah Oasis Kharga di Sahara yang panjangnya mencapai 100 mil dan lebarnya mencapai 12-50 mil.
Beberapa jenis tumbuhan tumbuh di daerah oasis akibat adanya bibit tumbuhan yang terbang terbawa oleh angin dan jatuh di daerah oasis tersebut kemudian berkembang biak. Membutuhkan proses dan kondisi yang cukup lama dan sulit untuk membentuk suatu oasis yang besar dan bermanfaat bagi orang banyak.
Itulah salah satu alasan penulis menamakan blog ini 'Oasis In the Desert' karena jika dilihat dari proses pembentukan oasis berasal dari suatu material yang kecil seperti pasir dan benih tumbuhan. Tetapi dengan suatu tenaga yang besar oasis ini mampu terbentuk. Sifatnya yang subur karena memiliki air sebagai sumber kehidupan dan tumbuhan yang sangat bermanfaat bagi kehidupan orang banyak.

1 komentar:

  1. JIKA ANDA BUTUH ANGKA RITUAL 2D 3D 4D DI JAMIN 100% JEBOL 7X PUTARAN BERTURUT TURUT BILA BERMINAT HUB KI SANTANU DI NMR (_082 317 877 775 JIKA INGIN MENGUBAH NASIB THA,SK ROO,MX SOBAT ATAU

    BalasHapus