Sedikit Tentang 'Oasis In The Desert'

Selamat Datang di blog saya. Blog ini sengaja saya beri nama 'Oasis In The Desert' karena sesuai dengan harapan saya semoga blog ini menjadi bermanfaat bagi orang lain seperti manfaat segarnya oasis di tengah gurun. Proses terjadinya oasis berasal dari sesuatu yang kecil hingga menjadi besar dan menyegarkan. Begitu pula dengan blog ini, dengan sedikit sekali ilmu yang saya miliki, saya mencoba membuat dengan sesuatu yang besar tentunya dengan sharing dengan pembaca.
Selamat nge-blog...

Sabtu, 21 November 2009

Alam: sekolah ketiga

Sebenernya gue bukanlah anak Mapala atau pun organisasi Pecinta alam (PA) manapun. Cuma gue suka aja bertualang ke alam terbuka kayak di pegunungan, sungai, pantai. Selain bidang gue dalam geofisika yang menuntut gue harus mengenal fenomena-fenomena yang terjadi di alam baik  pada atau di bawah permukaan bumi. “Bumi adalah laboratorium seorang geofisisis”, begitu kata Ketua Jurusan gue, Pak Darharta. Dari sekian banyak bentukan alam yang ada, gue lebih tertarik dengan alam pegunungan, atau kalo di organisasi PA biasa disebut sebagai Gunung Hutan (GH).
Pengalaman pertama gue mendaki gunung adalah Gunung Burangrang. Pengalaman yang sangat menarik dan ga akan gue lupa. Di mana gue langsung dikasih liat “keanehan-keanehan” dan banyak pelajaran yang gue dapet. Tapi, bener kata orang, sekalinya mendaki gunung akan ketagihan terus. Dan itu yang gue alami. Walaupun harus keluar keringat dan sampe ngos-ngosan, tapi rasa itu terbayar lunas ketika kita sudah sampai di Puncaknya, atau setidaknya terbayar oleh pemandangan-pemandangan yang Maha Dahsyat indahnya.
Memang banyak yang dapat gue nikmati sekaligus gue pelajari dari setiap langkah yang gue tapaki. Mungkin Tuhan menitipkan banyak “pesan” di sana, dan pesan yang baru gue terima adalah “manusia sangat kecil dihadapan Tuhan Yang Maha Besar”. Pesan singkat, tapi sangat mengingatkan gue dalam kehidupan sehari-hari. Bahwa gue ga boleh sombong dengan apa yang gue miliki. Ya iyalah, dah gila apa gue sombong ama ke-bego-an gue ini. hehehe…Tapi kan orang bego malah biasanya sombong. Orang bego adalah orang yang ga tau. Jadi kalo dia ga tau ada suatu Zat yang Maha Besar sehingga menyebabkannya sombong berarti dia tuh bego.
Jadi bagi gue, Alam adalah sekolah ketiga di samping keluarga dan pendidikan formal gue di kampus. Dan gue yakin dalam setiap langkah gue, Tuhan akan memperlihatkan KeagunganNya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar